Rabu, 26 Juni 2013

Suscatin minimalisir KDRT



Tibawa, bimais kabgor-Untuk mewujudkan Keluarga yang Sakinah mawaddah wa rahmah dan meminimalisir angka perceraian, BP-4 (Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) Kecamatan Tibawa menyelenggarakan Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN ) bagi pasangan calon pengantin. Sebanyak 13 pasang caon pengantin (catin) hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan pada  rabu, (25/07) di aula KUA Tibawa itu.
          Kepala KUA Tibawa, Adam Wantu, S.Ag selaku penanggung jawab dan juga Pemateri pada kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan ini wajib dilaksanakan sebagai bekal awal bagi catin sebelum mengarungi bahtera rumah tangga. “Ini sangat penting, Maraknya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),  itu dipicu oleh kurang pemahaman suami-isteri dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Ditambah lagi dengan pemahaman dalam hal ibadah yang sangat minim, dua kalimat syahadat saja masih ada catin yang salah bahkan tidak bisa mengucapkan, makanya suscatin ini sangat penting dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan/wawasan pada pasangan catin,” pungkasnya.
      Beliau juga mengakui bahwa pelaksanaan SUSCATIN ini masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal materi. Materi yang disampaikan harus mudah diserap dan benar-benar menjadi kebutuhan catin, misalnya adab senggama yang islami, bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan reproduksi, apa tanggungjawab suami-isteri, dan lain-lain , sehingga makin banyak pengetahuan maka rumah tangga makin berkualitas. Kalau rumah tangga kualitasnya bagus, katanya, Insya Allah yang namanya KDRT tidak akan terjadi," jelasnya.
         Dalam kegiatan itu juga, Andy Nurdin, S.Ag. penghulu yang juga sekertaris BP-4 Kec. Tibawa menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksakan setiap hari kamis di KUA Tibawa. “Alhamdulillah suscatin ini rutin kami laksanakan tiap hari kamis, namun pada minggu ini kami percepat pelaksanaannya berhubung ada kegiatan dari Bimas Islam di tempat ini pada kamis besok. Sedangkan untuk pemateri kursus ini kami juga telah bekerja sama dengan pihak Puskemas setempat, untuk dapat menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.” jelasnya.(wahyu/foto:adly)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2013, Bimais Kabupaten Gorontalo Allrights Reserved - ReDesigned by ariessoftware